Gangguan dan Kelainan pada Sistem Gerak Manusia serta Upayanya

Gangguan dan Kelainan pada Sistem Gerak Manusia serta Upayanya


Osteoporosis
Osteoporosis disebabkan karena kekurangan kalsium. Osteoporosis umumnya terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Orang tua biasanya menghasilkan lebih sedikit hormon, sehingga oseoblas sebagai pembentuk tulang kurang aktif dan massa tulangpun jadi berkurang. Tulang yang kekurangan mineral akan menjadi rapuh dan mudah patah.

2. Kelainan Tulang Belakang (Lordosis,Kifosis,Skoliosis)
Tulang belakang manusia yang normal tidaklah lurus, tetapi melengkung.
-Lordosis
Lordosis merupakan kelainan dengan melengkungya tulang belakang yang berlebihan ke arah depan dibagian pinggang, seperti ditunjukkan pada gambar. Orang yang mengalami kelainan ini pinganggnya terlihat lebih menonjol ke depan. Lordosis dapat disebabkan karena perut penderita yang terlalu besar misalnya karena hami atau kegemukan, riketsiaatau karena kebiasaan duduk yang salah.
-Kifosis
Kifosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan di bagian dada ke arah belakang, seperti ditunjukkan pada gambar. Penderita kifosis tubuhnya terlihat bungmkung. Fikosis dapat disebabkan karena penyakit misalnya TBC dan riketsia atau kebiasaan duduk yang salah.
-Skoliosis
Skoliosis adalah melengkungnya tulang belakang ke arang samping, seperti pada gambar. skoliosis dapat disebabkan oleh polio atau kebiasaan duduk atau berposisi yang salah

3. Riketsia
Riketsia terjadi karena kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga proses pergeseran tulang terganggu. Penyakit ini terjadi pada anak anak. Riketsia menyebabkan tulang kaki tumbuh membengkok


*Cara mengatasik gangguan alat gerak*
-Tidak Merokok
-Tidak mengonsumsi banyak kafein
-Perbanyak mengonsumsi Vitamin dan Mineral
-Rajin olahraga

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/17122532#readmore

Komentar